Sejarah Terciptanya Permainan Bumper Car Bom-Bom Car atau

Sejarah bom-bom car masih diperdebatkan. Beberapa mengklaim mereka diciptakan oleh Victor Levand, yang bekerja untuk General Electric, sementara yang lain mengatakan itu adalah Max dan Harold Stoehrer dari Massachusetts, menurut Showmen"s Museum di Miami. Yang pasti adalah Stoehrer bersaudara yang pertama mematenkan bom-bom car mereka lalu membentuk perusahaan yang bernama Dodgem. Paten pertama mereka diajukan pada Desember 1920.
Awalnya, wahana itu benar-benar mimpi buruk bagi orang tua. Terbuat dari timah, mobil terkadang harus dipaku kembali di antara perjalanan. Mereka bisa penyok dengan satu tabrakan saja. Terkadang ada bagian yang lepas selama dimainkan. Scientific American menganggapnya "tidak dapat diatur", tetapi Stoehrer bersaudara melihat betapa banyak orang menikmatinya. Mereka mengeluarkan iklan yang menyebut mobil Dodgem sebagai "Rolls Royce perangkat hiburan". Akhirnya mobil menjadi jauh lebih aman.
Kompetisi utama pada masa itu adalah Lusse Brothers Auto-Skooter, yang dianggap oleh banyak orang pada saat itu sebagai bom-bom car terbaik yang tersedia, menurut museum. Pada 1970-an, Dodgem mengalami masalah keuangan dan dibeli oleh perusahaan lain. Hal yang sama terjadi dengan Lusse Brothers pada tahun 1990-an, desain Auto-Skooter dijual ke sebuah perusahaan di luar kota Dallas.
Hukum Newton benar-benar ikut andil untuk sejarah bom-bom car, seperti yang ditunjukkan oleh Bumpercars.org. Hukum gerak ketiga, bagi mereka yang tidur disaat kelas sains, menyatakan bahwa untuk setiap tindakan ada reaksi yang sama dan berlawanan.
Inilah sebabnya mengapa ketika pemain menabrak seseorang dengan bom-bom car, pemain akan merasakan sentakan dan biasanya terpental ke arah yang berlawanan. Tentu saja, energi dan kekuatan dari sentakan itu tersebar di sepanjang bumper karet besar di sekitar setiap mobil. Hukum ketiga atau tidak, itu cukup menyenangkan.
Ada tiga faktor lain yang menentukan seberapa besar goncangan yang pemain rasakan saat menabrak seseorang:
- Jenis benturan (secara umum, benturan paling keras adalah benturan)
- Seberapa cepat mobil-mobil itu melaju?
- Massa mobil (biasanya sama) dan pengemudi (tidak sama – menabrak mobil yang dikemudikan oleh orang dewasa yang besar dapat memberi hentakan yang lebih besar)